Tokopedia

Tokopedia
Jas Hujan

Pembuatan Pulp dari Jerami Padi dan Ampas Tebu

Cara

     Jerami Padi adalah limbah yang dihasilkan dari makanan kita sehari-hari beras. Beras adalah makanan pokok orang Asia khususnya Indonesia. Setidaknya Indonesia bisa mengonsumsi beras sebesar 27 juta ton pertahun. Bisa dibayangkan berapa banyak jerami padi yang dihasilkan untuk memproduksi beras sebesar itu. Hal ini membuktikan bahwa jerami padi sangatlah melimpah di negeri kita tercinta. Lalu bagaimana dengan pemanfaatannya jerami padi itu. Limbah ini selama ini hanya digunakan secara tradisional sebagai pakan ternak, abu cuci piring dan juga lainnya. Dari hal ini maka nilai ekonomis dari jerami padi belum begitu di maksimalkan. Lalu bagaimana cara memaksimalkannya?. kalaulah kita seorang Teknik maka jawabannya bermacam-macam . Bisa sebagai biogas ataupun untuk bahan baku pembuatan pulp. Namun ternyata selain jerami padi di Indonesia ampas tebu juga sangat berlimbah. kebutuhan gula nasional adalah 5,7 juta ton. karena gula itu hasil dari sekitar 10% tanaman tebu maka tidak kurang dari 51 juta ton ampas tebu juga diproduksi dari tanaman tebu pertahun. Ini berarti ampas tebu (bagase) adalah limbah organik yang cukup prospektif untuk dijadikan bahan lebih berguna seperti pulp. Jadi tulisan kali ini kita akan membahas pembuatan pulp dari jerami padi dan ampas tebu untuk meningkatkan manfaat dan nilai ekonomis dari kedua limbah itu.
     Apa itu pulp?. dalam bahasa gampangnya pulp adalah bahan mentah sebelum dijadikan kertas. syarat bahan untuk bisa dijadikan pulp adalah bahan baku harus mengandung selulosa yang dominan. dalam proses pembuatannya itu sendiri ada beberapa macam yakni proses mekanik (Stone Ground Wood, Pressure Ground Wood, dll), proses semikimia (Chemi Thermo Mechanical Pulp, Neutral Sulfite Semi Chemical, dan soda dingin). Secara kimia (kraft, soda) dan proses sulfit.
      Pengujian untuk pulp biasanya ada secara kimia dan fisika untuk kimia adalah bilangan kappa, viskositas Cupriethylene Diamine, dan alfa selulosa. Untuk pengujian fisika ada panjang serat, Drainibility, dan beater evaluation. 
      Proses pembuatan pulp yang biasanya dilakukan adalah seperti dibawah ini
Gambar 1. Proses Pembuatan Pulp dari Jerami Padi dan Ampas Tebu

     Menurut dari Dhake dan Ilindra dalam jurnalnya tentang Microcristalline Cellulose from Bagasse and Rice Straw didapat data untuk kadar alfa selulosa, beta selulosa dan gamma selulosa jerami padi dan ampas tebu adalah berikut ini :


     Demikian uraian singkat tentang pembuatan pulp dari jerami padi dan ampas tebu. Semoga bermanfaat



Referensi :
Dhake dan Ilindra. 2008. Microcristalline Cellulose from Bagasse and Rice Straw. Indian Journal of                  Chemical Technology. Vol. 15 halaman 497-498
http://www.tribunnews.com
Republika.co.id
Sixta, H., 2006.  Handbook of Pulp and Paper Technology, Volume 1
Taslim. 2012. Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas. Bahan Ajar Mata Kuliah.




Cara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment