Tokopedia

Tokopedia
Jas Hujan

PENYAKIT YANG BISA TIMBUL PADA AYAM KATE ANDA

Cara

PENYAKIT YANG BISA TIMBUL PADA AYAM KATE ANDA

 

Bagi penggemar ayam kate ada baiknya anda membaca artikel dibawah ini untuk mencegah penyakit bahkan kematian pada ayam kesayangan anda so check this out…

 

1.      Memberi Makan Berlebih Dapat Membunuh Ayam Kate

Banyak penggemar kate belum mengetahui tentang yang satu ini. Mungkin anda pun bertanya kenapa diberi makan berlebih ayamnya malah sakit bahkan mati. Langsung aja kita cari alasannya. Ayam kate pada habitat sebenarnya, selalu mencari makan berkeliling sampai didapatkannya, jadi energy makanannya di ubah menjadi energy gerak, nah sedangkan untuk ayam kate peliharaan biasanya jarang melakukan hal ini, ayam kate anda hanya berdiam diri kandangnya, jarang berjalan jauh dan malah terus diberi makan. Hal ini akan menimbulkan stress, dan ayam anda akan segera mati. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan, jangan terlalu berlebihan, tetapi sesuaikan dengan proporsi dari kegiatan yang dilakukan si ayam.

 

2.      Infeksi Coryza (Penyakit Pip)

Banyak ayam dikalahkan oleh penyakit ini. Ayam kate yang biasa terkena penyakit ini berusia 14 minggu dan semakin tua ayam maka kemungkinan terkena penyakit ini akan semakin besar. Panyakit ini tidak tampak bentuknya pada ayam anda sebab penyakit ini menyerang saluran pencernaan dari ayam anda. Penyakit pip ini bisa diketahui dari penampakan lidah ayam yang menjadi tebal sampai ke langit-langit, sehingga menyebabkan ayam anda susah bernafas dan membuat ayam anda terengah-engah ketika sedang menelan. Dan anda akan menemui ayam anda tidak mau makan dan akhirrnya mati. Jadi yang harus anda lakukan untuk pencegahan yakni tempatkan ayam anda pada tempat yang hangat, beri selalu makanan yang sehat seperti roti dan susu, beri buah-buahan segar yang telah dipotong kecil-kecil, dan yang terpenting adalah makanan harus bersih.

 

3.      Gapes (Syngamus Trachea)

Penyakit ini dibawa oleh cacing tanah, kumbang, dan belalang. Penyakit ini sangat fatal pada ayam kate anda. Penyakitnya muncul dengan adanya cacing pada kerongkongan ayam. Gejalanya sangat gampang untuk diketahui. Suara ayam kate anda akan sangat berubah, matanya akan terpenuhi oleh air mata, dan ayam anda tidak mau makan dan berdiam (kalau kita sih merajuk), dan kemudian mati. Jadi tindakan yang harus anda lakukan adalah mengkarantinakan ayam tersebut, tempatkan dia pada kandang yang kering dan hangat, hembuskan asap rokop pada tenggorokannya, hal ini akan membuat ayam meludah dan mengeluarkan cacing yang ada di kerongkongannya atau anda bisa menggunakan minyak tusam campurkan dengan makanannya dan buat dalam bentuk pil.



Demikian tadi jenis penyakit yang umum timbul pada ayam kate, semoga bermanfaat untuk  anda dalam memelihara ayam kate, thank you,,,, 
Cara
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment